RSS

Jumat, 18 Juni 2010

Furoshiki




Furoshiki? Apa ya???? mungkin bagi kita yang baru pertama kali mendengarnya akan mengira itu merupakan sejenis makanan dalam bahasa Jepang.
eits jangan salah menduga..... ternyata furoshiki merupakan sejenis kain pembungkus yang serba guna, bentuknya persegi empat dengan beragam corak dan warna yang menarik. Di jepang, biasanya bercorak bunga, burung bangau, pohon, ombak, dan kipas. Dengan semakin berkembangnya zaman, kain furoshiki juga memiliki variasi corak lainnya tidak terbatas dari corak-corak yang telah saya sebutkan tadi, misalnya saja corak animasi seperti Doraemon dan gambar-gambar lainnya yang memuat furoshiki semakin cantik dan menarik.
Ukurannya pun bermacam-macam dari yang kecil hingga yang besar fungsi utama dari furoshiki adalah sebagai pembungkus namun selain menjadi pembungkus kain ini pun berguna sebagai hiasan interior maupun sebagai tas yang dapat membantu kita membawa barang-barang.
Pada mulanya furoshiki hanya digunakan sebagai kain pembuntal pakaian seperti yang sering kita lihat di film-film Jepang zaman dahulu itu.... Namun seiring perkembangannya furoshiki dapat digunakan untuk membungkus dan berbagai barang lainnya seperti kotak makan siang, botol, kado, dan masih banyak lagi......
Penggunaannya pun semakin meluas tidak hanya di Negri Sakura saja melainkan di berbagai negara yang mulai menggunakan furoshiki karena konsep kain furoshiki yang dapat dipakai berulang kali ini juga sekaligus dapat mengurangi penggunaan materi baru untuk pengemasan sekaligus mengurangi pengunaan kemasan yang berlebihan. Sebagai tambahan para penggunanya juga memberikan kontribusi bagi penghematan sumber energi.
Bisa dikatakan penggunaan furoshiki juga ikut membantu dalam menjaga lingkungan, bayangkan jika kita menggunakan plastik yang sangat berbahaya bagi lingkungan serta membutuhkan waktu lama untuk terurai tentunya akan sangat membuang-buang energi serta membahayakan lingkungan kita.
Di Indonesia pun kita bisa menggunakan furosiki sebagai sarana pembungkus, tidak perlu jauh-jauh membeli kain dari Jepang . Kita bisa memanfaatkan kain yang ada di sekitar kita sebagai furoshiki. membungkus pun ternyata tidak sembarang membungkus, apabila kita kreatif maka kita dapat membungkus berbagai barang dengan indah sehingga akan semakin mempercantik barang yang dibungkus.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini