RSS

Sabtu, 02 Januari 2010

Hutan yang Semakin Mengkhawatirkan




Penebangan di Kalimantan yang Memprihatinkan


Sepertinya tidak ada habis-habisnya kasus penebangan hutan di negri tercinta kita ini, kemarin saya melihat tayangan di televisi yang sangat memprihatinkan bagi kita. Pepohonan di Kalimantan banyak yang ditebang dan diganti dengan tanaman lain berupa kelapa sawit karena dipandang memiliki keuntungan yang lebih besar. Namun tahukah anda jika pergantian tanaman tersebut telah mengganggu ekosistem di Kalimantan. Tidak saja menyebabkan pemanasan global, hewan-hewan liar pun terusik keberadaannya dan tidak lagi memiliki tempat tinggal, daya penyerapan tanah pun menjadi berkurang.
Dari tayangan tersebut, saya melihat hutan-hutan di Kalimantan berubah menjadi tandus dan tidaklah heran jika hal ini terus terjadi maka bencana banjir dan tanah longsor akan menimpa negri kita.
Pemerintah dan warga sekitar semestinya memiliki kesadaran dan menggalakan peraturan akan perlindungan hutan-hutan di Kalimantan dan hutan lainnya di Indonesia. Ironisnya dari tayangan tersebut bukan warga kita yang memiliki kekhawatiran akan hal tersebut melainkan warga negara asing yang memiliki kepedulian akan hal tersebut. Dimanakah hati nurani kita? Alam seharusnya dihargai dan dilindungi jangan semata-mata karena keegoisan semata Hutan-hutan kita dihancurkan untuk kepentingan pribadi.Sudah saatnya kita semua peduli akan hal ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini