RSS

Kamis, 22 April 2010

Efisiensi, efektifitas, dan Ekonomis






Dalam suatu perusahaan atau organisasi kesuksesan dalam perencanaan dan pelaksanaan sesuatu harus didukung oleh strategi yang baik. Selain itu, perusahaan juga memperhitungkan 3 E yaitu efisiensi, efektifitas, dan ekonomis.
Saat saya mempelajari mata kuliah Akuntansi Pemeriksaan Lanjut salah satu syarat bagi kesuksesan perusahaan adalah dengan melakukan 3 E sedangkan dalam mata kuliah Sistem Pengendalian Manajemen,unsur efisien dan efektifitas yang memegang peranan penting bagi kesuksesan perusahaan.
Efisiensi adalah jumlah perbandingan antara apa yang dihasilkan (output) dengan apa yang digunakan (input) jika suatu perusahaan dikatakan efisien apabila perusahaan jika menggunakan input yang lebih sedikit dari jumlah input pada umumnya dapat menghasilkan output yang lebih banyak atau dapat menghasilkan minimal sama besarnya. Atau bila perusahaan menggunakan input yang sama besarnya namun dapat menghasilkan output yang lebih besar dari biasanya.
Sementara Efektifitas adalah hubungan antara apa yang dihasilkan (output) dengan tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Perusahaan dikatakan efektif apabila output yang dihasilkan dapat memberikan manfaat atau kontribusi yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
Sedangkan Ekonomis adalah penggunaan atau pemanfaatan dana seminimal mungkin dalam mendapatkan atau menghasilkan input dan output tersebut. Perusahaan dikatakan ekonomis, apabila perusahaan memanfaatkan uang yang dimilikinya untuk mendapatkan input dan menghasilkan output dengan biaya yang lebih rendah, atau dengan biaya yang sama dapat memperoleh input dan output dalam jumlah yang lebih besar.
3 E merupakan hal yang sangat penting, jika perusahaan dapat memanfaatkan ketiga hal tersebut maka kemungkinan perusahaan untuk mecapai tujuannya juga semakin besar.Efisiensi, efektifitas, dan ekonomis saling berkaitan satu sama lainnya sehingga menjadi faktor-faktor penentu dalam keberhasilan suatu perusahaan. Tentunya selain 3 E masih terdapat faktor-faktor lain seperti faktor-faktor internal dan eksternal lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini