RSS

Rabu, 21 April 2010

Mengatasi Rasa Bosan


Seringkali kita merasakan apa yang namanya bosan, kalau sudah begini ujung-ujungnya kita merasa akan kurang semangat dan kurang konsentrasi dalam mengerjakan segala sesuatu.
Sebenarnya apa sih penyebab rasa bosan itu? Dari beberapa hal yang saya dan teman-teman alami selama ini bisa disimpulkan kalau rasa bosan itu bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini:
1. Sesuatu yang kita hadapi tidak atau kurang menarik misalnya saja pada saat perkuliahan tidak ada dosen yang datang atau anda merasa penjelasan dosen kurang menarik. Nah itu bisa menjadi salah satu penyebab rasa bosan.
2. Kurang tidur, selain membuat kita mengantuk kurang tidur juga menimbulkan rasa bosan.
3. Sedang ada masalah baik di rumah, di luar atau bahkan di dalam kelas, ini juga bisa menjadi salah satu pemicu rasa bosan.
4. Sedang sakit, kondisi tubuh yang kurang fit juga bisa menimbulkan rasa bosan.
5. Sedang merasa tidak bersemangat, disadari atau tidak manusia memiliki perasaan yang biasa disebut dengan istilah "mood" jika mood kita baik, kita akan merasa bersemangat tetapi jika mood kita sedang kurang baik otomatis rasa bosan pasti timbul.

Kalau sudah bosan, apa artinya kita berhenti? Jawabanya tentu tidak. Kita bisa mulai dari diri kita sendiri, bila pada saat di perkuliahan kita bisa dapat mengingatkan diri sendiri akan pentingnya keseriusan dalam belajar sehigga rasa bosan dapat teratasi. Setidaknya kita harus mampu memotivasi diri sendiri.
Selain itu, dalam mengatasi rasa bosan kita bisa melakukan sedikit aktivitas yang bermanfaat seperti membuat catatan-catatan akan materi yang sedang kita pelajari di kelas atau ringkasan penjelasan materi dari dosen kita.
Bagaimana jika situasinya lebih santai? Misalnya pada saat di luar kelas seperti di rumah, ditempat-tempat umum, dan lain-lain? Tentu rasa bosan akan semakin mudah diatasi, kita bisa mulai dengan mendengarkan musik, membaca komik atau bacaan lainnya, menonton tv, atau melakukan aktivitas lain yang berguna misalnya menyalurkan hobi, berjalan-jalan, mengisi TTS, dan masih banyak lagi.
Jadi jangan biarkan kita larut dalam rasa bosan. Perasaan bosan memang wajar dimiliki oleh tiap manusia tapi jangan sampai kita mengalaminya terus-menerus.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini