RSS

Minggu, 04 April 2010

Nomophobia


Nomophobia? Apa ya? Pasti pertanyaan itulah yang terbersit di benak kita setelah mendengar istilah tadi.
Nomophobia dari namanya juga bisa kita duga kalau itu sejenis penyakit yang berhubungan dengan rasa takut. Tapi takut terhadap apa ya? Nomophobia itu adalah salah satu penyakit yang menimbulkan rasa takut, atau perasaan gelisah atau cemas jika seseorang berada jauh dari ponselnya (hp)
Penggunaan terhadap ponsel atau hp memang makin marak, setiap orang bisa dikatakan memiliki nya. Selain sebagai alat komunikasi, ponsel juga yang memiliki fungsi yang kompleks seperti berinternet, photo, bahkan sebagai penunjang penampilan seseorang. Namun dengan semakin berkembangnya penggunaan ponsel muncul pula penyakit yang disebut dengan nomophobia.
Nomophobia biasa menjangkiti para pengguna ponsel yang pada umumnya diderita oleh remaja dan orang-orang dewasa.
Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, pera pengguna ponsel menjadi semakin tergantung dengan ponselnya dan menjadi stress atau panik atau cemas atau gelisah jika ia berada jauh-jauh dari ponselnya, kehilangan sinyal, dan tidak memiliki pulsa.
Hal ini berdampak buruk bagi si pengguna ponsel tersebut, selain sering merasa takut atau gelisah hal ini juga dapat membuyarkan konsentrasi seseorang karena yang ia pikirkan hanyalah ponsel yang dimilikinya, dan berbagai akibat lain yang ditimbulkan tergantung dari parah atau tidaknya nomophobia yang diderita.
Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi nomophobia, salah satunya adalah dengan membatasi penggunaan ponsel anda. Gunakan ponsel anda sesuai dengan keperluan anda dan untuk kasus yang parah dapat dilakukan terapi bagi si penderita agar ia tidak hanya membuang-buang waktunya dengan ponselnya.
Ingat ponsel hanyalah alat yang dapat membantu kehidupan kita menjadi semakin mudah dan cepat namun jangan sampai anda melupakan hal-hal lain dan hanya terpaku pada ponsel anda.

1 komentar:

rukmana mulya mengatakan...

Hmm betul juga yah,sempet saya mau berangkat kuliah dan saya lupa gak bawa handphone padahal perjalanan sudah jauh,waktu itu saya bela-belain untuk kembali kerumah untuk mengambil handphone saya.mungkin saya sudah terinfeksi NOMOPHOBIA rasanya gak bisa jauh dari alat komunikasi yang satu ni

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini