RSS

Kamis, 27 Mei 2010

Tempe Makanan Khas Indonesia dan Manfaatnya









Tentunya tidak ada yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, mulai dari orang biasa
sampai pejabat sekalipun suka dengan makanan ini. Tempe yang sudah biasa jadi makanan kita sehari-hari ini ternyata tidak bisa dipandang remeh loh, mungkin ada beberapa teman kita yang merasa "gengsi" kalau makan tempe dianggap "Kuper alias tidak gaul, gak elit, makanan murah, dan lain sebagainya". Tapi jangan salah, kandungan gizi yang terkandung dalam tempe ini sangat baik bagi tubuh.
Tempe merupakan makanan khas bangsa kita, Indonesia. Kalau saya, justru senang dan bangga bisa menikmati tempe karena selain menjadi salah satu makanan khas bangsa kita, ternyata tempe juga memiliki beragam manfaat dan mampu diolah sedemikian rupa sehingga menjadi makanan yang lezat dan bergizi misalnya tempe goreng, tempe bacem, tempe bumbu cabe, tempe mendoan, rendang tempe, tempe bumbu kuning, dan masih banyak lagi.
Tempe berasal dari kacang kedelai yang difermentasikan menggunakan ragi tempe, setelah melaui proses tersebut barulah menjadi tempe yang siap dipasarkan ke berbagai tempat baik pasar tradisional, pasar swalayan, dan lain sebagainya.

Tempe memiliki kandungan yang sangat penting bagi tubuh kita diantaranya:
1. Protein
2. Vitamin B12
3. Seng (Zn)
4. Asam Folat
5. Zat Besi (Fe)
6. Tembaga
7. Kalsium
8. Flafoid

Ternyata banyak juga ya kandungan gizi yang terkandung dalam tempe, contohnya Protein yang berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus, selain itu protein juga memiliki peran penting dalam pembentukan sistem kekebalan (imunitas) sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon.

Kemudian Vitamin B12 bermanfaat dalam:
* mencegah kerusakan syaraf
* membentu pembentukan sel darah merah
* memperlancar metabolisme sistem tubuh
* mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi

Vitamin B12 yang terkandung dalam tempe juga sangat bermanfaat bagi para vegetarian seperti saya, sehingga dapat memenuhi kecukupan gizi mengingat vitamin B12 biasanya terkandung pada makanan hewani sehingga dengan adanya tempe mampu melengkapi kecukupan gizi tanpa perlu menyantap makanan hewani bagi para vegetarian.

Kandungan seng yang terkandung dalam tempe juga bermanfaat bagi kita, dimana Seng sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan infeksi, memperbaiki jaringan tubuh, serta mencegah gangguan prostat dan ketidaksuburan atau infertilitas. Seng juga dapat mengembalikan fungsi kekebalan, melawan radikal bebas dan dapat kembali mengaktifkan kelenjar thymus untuk memproduksi hormon timulan yang berfungsi merangsang produksi sel T.

Asam Folat juga sangat diperlukan oleh tubuh khususnya bagi ibu hamil karena jika ibu yang sedang hamil kekurangan asam folat maka hal ini akan beresiko menimbulkan keguguran pada janin, serta kecacatan otak maupun jasmani bagi bayi yang dikandung oleh ibu tersebut. selain itu, Kekurangan asam folat juga akan menyebabkan anemia, rambut beruban sebelum waktunya, lesu, insomnia, mudah lupa, dan depresi.

Selain asam folat, masih ada kandungan lain yaitu Zat besi diperlukan tubuh untuk pembentukan haemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbondioksida antara paru dan jaringan. Kemudian zat Tembaga yang juga dibutuhkan dalam pigmentasi rambut sehingga rambut Anda akan berwarna alami. Lalu Kalsium yang sangat penting bagi kesehatan tulang agar kita tidak menderita osteoporosis atau keropos tulang, nyeri tulang, mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi resiko terkena gangguan jantung.

Zat yang lainnya adalah flafoid yang bersifat antioksidan sehingga menurunkan tekanan darah. Mengandung superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas, baik bagi penderita jantung.

selain itu dari proses fermentasi, tempe juga mengandung isoflavon yang berkhasiat sebagai senyawa anti oksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.
Nah, ternyata tempe yang biasa kita konsumsi sehari-hari ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita, oleh sebab itu sudah sepantasnya kita merasa bangga dan bahagia akan kehadiran sebagai makanan khas kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini