RSS

Selasa, 11 Mei 2010

Tingginya Biaya Kuliah


Baru beberapa hari yang lalu, saya membaca surat kabar yang mencantumkan nama-nama para calon mahasiswa yang lulus masuk tes ke sebuah universitas.
Alangkah kagetnya saya saat melihat pengumuman tersebut, karena pengumuman tersebut memberikan biaya kuliah yang sangat "mahal". Tidak hanya itu saja, biaya tersebut harus dibayar dalam rentang waktu yang pendek...... Lantas bagaimana membayarnya jika orangtua atau calon mahasiswa tidak memiliki uang sebesar itu? Tentunya mereka akan membatalkan niat mereka untuk masuk ke universitas tersebut......
Padahal pengumuman tersebut ditujukan untuk calon mahasiswa yang memperoleh jalur beasiswa dari universitas tersebut.
Lantas saya berpikir, untuk masuk lewat jalur beasiswa saja sudah dikenakan biaya yang sangat mahal bagaimana dengan calon-calon mahasiswa lainnya yang tidak berkesempatan mendapatkan beasiswa?

Tentunya harga yang harus dibayar akan jauh lebih besar, kemudian saya berpikir bagaimana bangsa kita bisa maju kalau begini terus? Biaya pendidikan yang begitu tinggi menjadi batu penghalang besar bagi para orang tua yang ingin melanjutkan pendidikan anaknya. Alangkah disayangkan jika banyak calon-calon mahasiswa yang gagal masuk ke bangku perkuliahan hanya karena disebabkan oleh masalah biaya......
Beasiswa merupakan salah satu cara yang bisa menjadi penolong bagi mereka yang kurang mampu agar dapat menikmati bangku perkuliahan akan tetapi kalau beasiswa saja sudah "mencekik leher" seperti ini apa bisa ini dikatakan sebagai beasiswa?
Tak bisa dipungkiri kalau biaya-biaya yang diperlukan untuk masuk ke dunia perkuliahan memang banyak akan tetapi seharusnya pihak pemerintah semestinya mampu menanggulangi hal tersebut. Kalau saja pemerintah kita bisa lebih peduli lagi akan pendidikan tentunya akan banyak dari masyarakat kita yang mampu menikmati bangku perkuliahan.

Pendidikan menjadi jembatan penghubung dengan kemajuan suatu bangsa jika masyarakat kita bisa memiliki tingkat pendidikan yang tinggi tentunya bangsa kita juga akan semakin maju.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, persentase masyarakat kita yang dapat menikmati bangku perkuliahan sangat kecil sekali jumlahnya, padahal dengan semakin banyaknya masyarakat kita yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi maka SDM negri kita pun akan semakin baik dan memiliki daya saing yang tinggi pula sehingga kita mampu bersaing dengan-negara-negara lainnya.

Bisa dibilang jalan yang telah ditempuh pemerintah saat ini masih kurang, semestinya anggaran untuk pendidikan diberikan persentasi yang lebih besar lagi sehingga masyarakat kita bisa menikmati pendidikan yang lebih baik dan mampu melanjutkan hingga ke jenjang sarjana sehingga mampu membangun bangsa kita menjadi bangsa yang semakin maju.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini