RSS

Kamis, 18 Maret 2010

Idealkah Berat Badan Kita?


Dari judul di atas pastinya kita akan bertanya-tanya apakah berat badan kita sudah termasuk dalam kategori ideal tau tidak? Tidak dapat dipungkiri manusia sangat menginginkan untuk memiliki berat badan yang ideal selain bagus dalam estetika (keindahan) juga baik untuk kesehatan. Biasanya orang-orang jika memikirkan berat badan ideal akan terbayang bentuk-bentuk tubuh bak model yang berjalan dia atas catwalk. Ya, bisa dikatakan berat badan mereka memang ideal. Akan tetapi menurut survey yang dilakukan oleh para Dokter dan ahli gizi, tubuh yang kurus belum tentu ideal bagi seseorang. Berat Badan dikatakan ideal jika sesuai dengan tinggi anda.
Cara yang paling mudah dalam menentukan apakah berat badan kita sudah melewati batas normal atau di bawah batas normal adalah dengan mengamati tubuh kita di cermin jika anda merasa tubuh anda terlalu kurus jika menggunakan pakaian berukuran medium maka bisa jadi berat badan anda kurang begitu pula sebaliknya jika anda merasa tubuh kita terlalu gemuk dengan pakaian berukuran medium maka bisa dipastikan kita mengalami kelebihan berat badan.
Cara yang lebih tepat untuk menegetahui apakah berat badan kita ideal atau tidak adalah dengan mengukurnya melalui Indeks Masa Tubuh (Body Mass Index)atau yang biasa disingkat dengan BMI dengan rumus:

BMI = Berat Badan Anda (dalam Kg)

Tinggi Badan (Meter) X Tinggi Badan (Meter)


Apabila BMI anda :

1. Lebih dari 20 tapi kurang dari 25 maka berat badan anda Ideal (sehat)

2. Lebih dari 30 tetapi kurang dari 30 maka anda mengalami kelebihan berat badan

3. Lebih dari 30 maka anada mengalami Obesitas


Berat badan yang ideal dapat dicapai melalui pola makan dan pola hidup yang sehat, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan menahan diri dalam makan makanan berlemak akan sangat membantu anda dalam mencapai berat badan yang ideal.



0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini