RSS

Selasa, 23 Maret 2010

Tugas manajemen Strategik: Hotel Salak The Heritage


Dosen : Ibu Izzati



Disusun:
Vina Kurniadi (21206007)
Marlina (20206592)
Marianah Padang
Yussie Farlina (21206083)
Nurhayatun Nufus (20206705)
Galih Franco Bayu Aji (21206262)



Kelas : 4 EB 01


KATA PENGANTAR



Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat yang dilimpahkan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah dari mata kuliah MANAGEMENT STRATEGIC, menganalisis SWOT pada bidang perhotelan, studi kasus pada HOTEL SALAK THE HERITAGE. Pembuatan makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas yang telah diberikan oleh dosen yang bersangkutan.

Pada kesempatan ini, perkenankan penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Ibu Prof.E.S. Sri Margianti S.E.,MM., selaku rector Universitas Gunadarma
  2. Bapak Ir.Toto Sugiharto,M.Sc.,Ph.D., selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
  3. Ibu DR. Rr. Dharma Tintri E.,S.E.,AK., MBA, selaku Ketua Jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma
  4. Ibu Izzati Amperaningrum, SE., MM.

Selaku dosen dari mata kuliah Management Control System di kelas 4eb01.

  1. Yang tercinta kedua Orang Tua serta dan saudara – saudara dari masing- masing penulis.
  2. Semua rekan di kelas 4EB01.

Penulis menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini, masih banyak kekurangan-keurangan. Karena itu dengan segala kerendahan hati, penulis menerima kritik dan saran yang bersifat membengun dari semua pihak demi kesempurnaan penulisan makalah ini.

Akhir kata semoga Allah SWT membalas segala bantuan dan dukungan serta doa yang telah diberikan kepada penulis, sehingga penulisan ilmiah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak khususnya mahasiswa Universitas Gunadarma.

Depok, Maret 2010




BAB I

PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

Dunia pariwisata merupakan hal yang sangat menarik, bisa dikatakan bisnis di dalam bidang dunia ini tidak ada matinya. Berbagai tempat yang menarik membuat kita semakin tertarik untuk terus mendatangi tempat-tempat pariwisata. Salah satunya adalah kota Bogor yang dikenal sebagai kota Hujan, berbagai tempat-tempat indah di Bogor termasuk makanannya yang lezat membuat wisatawan betah untuk berkunjung ke kota Bogor. Hawa udaranya yang sejuk dan kawasan berbelanja juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal yang berasal dari Jakarta maupun kota-kota lainnya di Indonesia, wisatawan asing juga tertarik akan keindahan kota Bogor yang sangat terkenal akan Kebun Raya-Nya yang memilki banyak jenis tanaman yang eksotis yang berasal dari seluruh dunia.

Jika kita berwisata sambil menginap di suatu tempat tentunya yang pertama kali kita pikirkan adalah tempat dimana kita akan menginap, di Bogor terdapat hotel yang sangat terkenal yaitu Hotel Salak The Heritage .

Hotel Salak The Heritage dibangun 1856 dengan nama Belleuve Dibbets, sejak September 1998 hotel ini direnovasi dan dibuka kembali dengan arsitektur bergaya kolonial modern. Hotel Salak The Heritage menjadi saksi sejarah Bogor dari zaman penjajahan Belanda, Jepang, Orde Lama, Orde Baru hingga Reformasi. Sepintas Hotel Salak The Heritage tampak seperti gedung hotel yang masih baru hal ini disebabkan telah dilakukan renovasi untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas dari Hotel Salak The Heritage. Hotel ini merupakan satu-satunya hotel yang terletak di depan Istana Kepresidenan Bogor di sebelah Balai Kota tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No 8 Bogor yang didirikan di real seluas 8.227 m2.

Menurut sejarah pada zaman penjajahan Belanda Hotel salak The Heritage yang pada mulanya didirikan dan ditujukan untuk kalangan elit istana dan dimilki oleh keluarga istana. Perubahan zaman yang terus terjadi juga turut membuat Hotel Salak The Heritage berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Dengan semakin majunya kota Bogor, Hotel Salak The Heritage juga melakukan tindakan-tindakan dalam mengembangkan sekaligus mempertahankan eksistensinya sebagai hotel yang yang paling terkenal di kota Bogor. Serangkaian tindakan yang dilakukan oleh pihak manajemen hotel merupakan salah satu strategi manajemen untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas dari Hotel Salak the Heritage mulai dari renovasi, kerjasama dengan supplier hingga tersedianya berbagai fasilitas lengkap merupakan strategi yang dilakukan oleh pihak manajemen.Tidak berhenti sampai di situ saja, Hotel Salak The Heritage juga terus melakukan inovasi yang membuat hotel ini menjadi semakin terkenal akan kualitasnya.

Dalam makalah berikut ini akan dibahas secara lebih mendetail langka-langkah (strategi) yang dilakukan oleh manajemen berikut kelemahan dan problem solving dengan menggunakan Analisis SWOT sebagai indikator dalam melakukan analisis terhadap Hotel Salak The Heritage.




BAB II

PEMBAHASAN



2.1 Sejarah Hotel Salak The Heritage

Kota hujan. Itu adalah nama yang paling dikenal Bogor, yang mempunyai curah hujan rata-rata 3336,8 mm / tahun. Bogor unik dan mempunyai sejarah panjang dengan Kebun Raya, Istana Bogor dan juga Hotel Salak The Heritage. Hotel Salak The Heritage merupakan situs tertua tetap yang mencatat dan saksi sejarah Bogor, dari penjajahan Belanda dan Jepang, Masa Kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, Reformasi untuk periode di Indonesia Baru Milenium III. Berbagai peristiwa-peristiwa penting diselenggarakan di Bogor, seperti Pra-Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 di Istana Bogor, APEC pada tahun 1994, dan banyak acara internasional lainnya. Istana Bogor telah ditetapkan sebagai penerimaan resmi kepresidenan.

Sepintas, Hotel Salak The Heritage tampak seperti bangunan baru dan tidak mencerminkan usia dewasa, karena telah direnovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk kualitas.

Hotel Salak The Heritage adalah warisan satu-satunya hotel yang terletak di depan Istana Kepresidenan Bogor sebelah Balai Kota, di Jl. Ir. H. Juanda No 8 Bogor. It was built on luas 8.227 m2. Hotel Salak The Heritage terdiri dari empat bagian utama. Pertama adalah bagian depan, bernama Heritage Building, yang merupakan dua - direnovasi bangunan bersejarah. Kedua dan bagian ketiga adalah sayap kiri dan kanan, yang memiliki dua dan empat lantai, masing-masing. Bagian keempat adalah bagian belakang dengan lima lantai, dilengkapi dengan salah satu operator mengangkat dan dua tamu lift.

Selama Pemerintah Belanda (VOC) pada abad ke-17, Bogor itu bernama Buitenzorg, yang berarti "kota untuk istirahat" atau "kota tanpa formalitas" (Buiten Alle Zorgen sebagai kata Belanda) Istana Bogor ini digunakan oleh VOC Jenderal sebagai tempat untuk beristirahat . Bogor pada tahun 1908 adalah pemerintah pusat dan tempat hunian Governour Jenderal. Seperti sejuk dan memiliki pemandangan yang indah, Bogor telah menjadi pusat penelitian tentang tanaman tropis dan perkebunan di Sukabumi, Cianjur dan Bogor.

Menurut sejarah, Hotel Salak The Heritage ini dibangun tahun 1856 bernama Bellevue - Dibbets Hotel; hal itu dikategorikan sebagai hotel untuk Kelompok elit Istana dan dimiliki oleh keluarga Istana. Hotel milik seorang Belanda yang memiliki hubungan keluarga dengan Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Itu berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat dan tinggal, dan sebagai tempat pertemuan bagi para pengusaha pertanian dan administrator dan staf pemerintah.

Pada masa penjajahan Jepang pada tahun 1942 Agustus 1945, Hotel Salak The Heritage yang memiliki 54 kamar menjadi markas Kempetai (Polisi Militer).Kemerdekaan di Indonesia pada tahun 1945 dipengaruhi Binnenhof Hotel; pada tahun 1948 namanya berubah menjadi Hotel Salak seperti yang terletak di kaki Gunung Salak (Gunung Salak).

Seiring dengan pertumbuhan pesat Bogor sebagai kota konvensi, rapat, seminar, pariwisata, pendidikan dan penelitian di perkebunan tropis, Bogor menjadi daya tarik yang potensial bagi pengunjung domestik dan internasional. Setiap tahun, jumlah pengunjung dan tamu pemerintah yang terus meningkat konferensi, karena itu, Bogor memerlukan infrastruktur internasional yang sesuai. Untuk mengakomodasi semua persyaratan, Hotel Salak direnovasi dan dipugar.

Pada tanggal 2 September 1991, Hotel Salak menangguhkan operasi untuk dikembangkan sebagai hotel bintang. Pembangunan dimulai setelah izin dari pemerintah dinyatakan oleh Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat No 193/8550/Binsar tanggal 19 Juli 1991 dan Surat Keputusan dari Menteri Urusan Internal Republik Indonesia tanggal 27 Januari 1992 Nomor . 539.32/359/PUOD dikeluarkan untuk PT Anugrah Jaya Agung untuk mengembangkan dan mengoperasikan Hotel Salak Bogor.

Menurut sebuah survei, yang disukai jenis awal hotel ini Pariwisata dan Business Hotel dengan standar internasional. Sejarah tua dan bangunan arsitektur kolonial dipertahankan sebagai penangkap mata untuk lingkungan, dan direncanakan untuk menjadi Boutique Hotel bagi wisatawan khusus (Khusus Wisata), karena Hotel Salak adalah salah satu dan baik - melestarikan bangunan bersejarah tetap di Bogor. Bagian belakang hotel diperluas untuk menjadi Bisnis dan University Hotel. Setelah renovasi dan perluasan bangunan baru di tahun 2000, total jumlah kamar meningkat menjadi 120, yang terdiri dari Presidential Suite, Super Executive, Salak View, Executive, Deluxe Suite, Deluxe & Superior.

Hotel Salak adalah salah satu aset penting bagi orang-orang di Jawa Barat, khususnya masyarakat Bogor, karena Bogor memiliki tinggi dan nilai sejarah panjang dan terletak di pintu gerbang Jawa Barat (sekitar 30 menit dari Jakarta melalui jalan tol) dan dijaga oleh gedung pemerintah (City Hall, Residensi, Jaksa, Samsat).

Pada tanggal 11 September 1998, yang baru Hotel Salak yang bernama Hotel Salak The Heritage dengan standar internasional berangsur-angsur kembali - dioperasikan, dimulai dengan menyediakan 32 kamar yang terdiri dari dua Presidential Suite, empat Executive Suites, delapan Kamar Deluxe dan 18 Kamar Standar. Fasilitas pendukung lainnya adalah kenari Cafe, Rafflesia Lounge Bar, Istana Ballroom, Meeting Room dan Galuh Perbelanjaan (mis. business Center, Gift dan Art Shop, Boutique, Toko Bunga dan Drug Store).

Pembangunan dan pengoperasian Hotel Salak The Heritage itu terjadi bersama-sama dengan krisis moneter besar-besaran di Indonesia. Ada inflasi AS $ nilai tukar, dari Rp. 2,300 per US $ menjadi Rp. 17,000 per US $ pada akhir 1997 dan awal 1998. Namun, krisis tidak mempengaruhi manajemen hotel untuk terus mengembangkan dan mempertahankan keberadaan Hotel Salak The Heritage.

Pada tanggal 1 April 1999, Hotel Salak The Heritage dibuka kembali dan dioperasikan lain 40 kamar, dengan total 72 kamar, bersama dengan pertumbuhan bisnis di Bogor. Fasilitas tambahan yang dikembangkan pada tahun 1999 adalah Kinanti Music Cafe dengan kapasitas 300 kursi, Rudy salon, Batutulis Meeting Room, Burangrang Meeting Room dan Restoran.

Pada akhir Februari 2000, Hotel Salak The Heritage menambahkan lagi 24 kamar, sehingga total jumlah kamar adalah 96. Mengantisipasi permintaan pelanggan dan pengembangan pasar pada pertengahan tahun 2000, Hotel Salak The Heritage telah menambahkan beberapa kamar lain untuk melengkapi 120 kamar.

Hotel Salak prestasi dalam menciptakan citra sebagai pusat konferensi ini dibuktikan dengan meningkatnya permintaan untuk pelatihan, seminar, pertemuan dan konferensi pengaturan di Hotel Salak The Heritage Bogor.Manajemen telah memutuskan untuk membangun 4 ruang pertemuan: bernama Pakuan, Padjajaran 1, Padjadjaran 2, dan Padjadjaran 3. Pakuan Meeting Room dengan kapasitas 70 orang telah dibangun sepenuhnya pada Maret 2001.Kemudian pada Juni 2003, kami telah selesai membangun tiga ruang pertemuan dengan kapasitas 40-100 orang per kamar.

Dalam rangka untuk menyenangkan dan kenyamanan tamu-tamu kami, kami juga membangun beberapa fasilitas baru. Ada Raffles Fitness Center, Kinanti Klub Anak-Anak, dan Kinanti Ruang Musik dengan musik kafe; yang telah dibuka sejak Juni 2000.

Restoran Ayam Goreng Fatmawati dengan layanan pengiriman telah dibuka sebagai restoran tradisional pada tahun 2001 untuk membuat Makanan & Minuman kami produk dan layanan yang lebih menarik dan memberikan berbagai pilihan kepada para tamu. Kenyataan ini menunjukkan bahwa Hotel Salak peduli dengan mempromosikan Makanan Tradisional Indonesia, khususnya Sunda satu, dan berniat untuk melayani dengan standar internasional.

Hotel Salak terus berinovasi dan mengembangkan fasilitas dengan membuka kafe baru yang disebut Den Haaq Cafe pada Desember 2003. Den Haag Cafe ini dibuka untuk memenuhi kerinduan tamu kami ke ketegangan dan kesegaran Kota Bogor dengan menampung mereka dengan Belanda kue lezat dan kue-kue.

Pada tahun 2005, kami telah mengembangkan beberapa fasilitas baru untuk para tamu. Smart Kids Planet, klub anak-anak dan kelompok bermain bagi anak-anak untuk bermain dan belajar, telah dibuka pada awal tahun. Yang kedua adalah Herbal Information Center, di mana orang dapat memiliki konsultasi gratis tentang masalah kesehatan dan obat-obatan oleh beberapa terapi alternatif.Herbal Tempat ini juga memberikan dukungan dan menjual berbagai tanaman obat sebagai cara alternatif pengobatan tanpa menggunakan obat kimia. Salon Rudy telah direformasi dan dibuka kembali sebagai Bellevue Wellness Salon dan Spa untuk menjadi tempat di mana wanita kami tamu dapat meremajakan tubuh mereka melalui perawatan spa atau perawatan kecantikan rambut &.Selain Bellevue Wellness Salon dan Spa, kami juga menyediakan Bellevue Barbershop untuk Tuan-tuan. Resepsi pernikahan atau perusahaan mengumpulkan akan lebih nyaman untuk para tamu karena pra baru - fungsi ruangan yang telah dilengkapi di Istana Ballroom. Rafflesia Lounge juga telah memperluas ruang dan didekorasi ulang gaya ke sebuah tempat untuk cozier lobi dan bersantai atau berselancar di dunia maya dengan gratis yang disediakan Wi-Fi Internet Access. Fasilitas terakhir yang kami sediakan adalah anak-anak bermain dengan bermain keselamatan kit, "Playful Big Folding Slide" di Inner Garden.

Bangga masyarakat pelestarian Hotel Salak bangunan karena merupakan salah satu yang paling tua dan bangunan bersejarah terbesar di Bogor yang menunjukkan pentingnya dan nilai historis kota Bogor dalam sejarah Indonesia.Untuk sekelompok orang, kembali - pembukaan Hotel Salak The Heritage juga menciptakan kesempatan karir di krisis waktu dan pada masa mendatang.

Hotel Salak The Heritage, sebagai bangunan bersejarah, harus mampu bersaing dan ditingkatkan; sebagai hasilnya, harus didukung oleh manajemen yang mampu, profesional sumber daya manusia, pelayanan memuaskan dan fasilitas yang sesuai.

Untuk membuat Hotel Salak The Heritage lebih akrab dan menarik di antara masyarakat nasional dan internasional, kami telah bekerjasama dengan beberapa yayasan nasional dan internasional. Salah satu fondasi yang mendukung Hotel Salak The Heritage adalah The Heritage Bogor Foundation, yang telah didirikan pada tahun 2003. Yayasan ini memiliki misi untuk mengembangkan dan meningkatkan beberapa kota seperti aspek sosial, ekonomi, budaya, dan teknologi. Salah satu program adalah program energi alternatif untuk mengubah tenaga angin menjadi energi listrik dengan menggunakan kincir angin. Setiap tahun yayasan ini juga memberikan penghargaan, bernama Salak Award, bagi siapa saja yang telah mempersembahkan sebuah kontribusi besar kepada masyarakat.

Yayasan lain yang mendukung Hotel Salak The Heritage adalah hAlllow Hadi Purnomo Foundation. Yayasan ini memiliki misi untuk meningkatkan kehidupan orang-orang dengan kebutaan melalui organisasi, bernama Merpati Putih.Organisasi ini telah menerapkan budaya tradisional dari Kerajaan Mataram Jawa Tengah, dan telah berhasil membantu orang-orang yang buta untuk memiliki visi mereka lagi. Budaya ini menjadi bagian penting dan titik menawan yang unik bagi wisatawan untuk mengunjungi Bogor, karena nilai-nilai sejarah.

Hotel Salak The Heritage saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengundang tamu internasional, khususnya dari Belanda dan Jepang sehingga mereka dapat merasakan suasana masa lalu dan kenangan lama. Pengembangan Hotel Salak The Heritage ini dilakukan tanpa perubahan apapun pada bangunan bersejarah yang berharga dan menciptakan devisa negara untuk kawasan wisata. Mengacu pada tujuan-tujuannya, Hotel Salak The Heritage ini diharapkan tumbuh dan mampu mempromosikan Indonesia, khususnya Bogor, di negara lain sebagai tujuan wisata.

Beberapa bangunan bersejarah lainnya telah berkurang dan berkurang oleh beberapa orang yang tidak memahami arti dan pentingnya melestarikan nilai-nilai historis. Warisan sejarah adalah bukti dari negara perjuangan untuk mencapai kemerdekaan, yang harus dilestarikan untuk generasi muda kita identitas.

Hotel Salak The Heritage selalu menghormati norma-norma internasional dan nilai-nilai, dan semangat profesionalisme. Para Komisaris dan Direksi selalu menerapkan norma-norma yang beredar, nilai, dan jiwa; dan mereka selalu menghormati keadilan sebagai dasar atau landasan untuk mengelola dan mengoperasikan perusahaan, sehingga Hotel Salak The Heritage mampu mencapai semua keberhasilan dan mengatasi kesulitan atau masalah.

Dalam hal ini, Hotel Salak The Heritage merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Daerah Jawa Barat dengan PT. Anugrah Jaya Agung. Di antara keduanya terdapat kontrak perjanjian usaha atau dikenal dengan istilah KSO ( Kerja Sama Operasi) yang akan berakhir pada tanggal 24 Juli 2018.

2.2 Fasilitas Pada Hotel Salak The Heritage

Hotel Salak The Heritage juga memiliki banyak fasilitas pendukung yang membuat tamu kami merasa nyaman dan nyaman tinggal bersama kami.

Ini adalah daftar fasilitas pendukung kami:

1. Business Center

2. Pusat Kebugaran

3. Paradise Travel

4. Smart Kids Planet & Children Playground

5. Swimming Pool & Inner Garden

6. Bellevue Wellness Salon, Spa dan Barbershop

7. Herbal Place

8. Drugstore & Art shop

9. Internet Corner

10. Aesthetic Dentist

11. ATM Center

12. Sistem Keamanan & Keselamatan

Kamar dilengkapi dengan kondisi udara, dinding - pada - dinding karpet, bathtub & shower, kamar mandi, air panas & dingin, televisi dengan saluran satelit internasional & dalam - rumah film, mini bar & coffee maker, dan telepon dengan fasilitas IDD.

Harga Kamar:

Superior

Rp. 770,000, - + +

US $ 100 + +

Deluxe

Rp. 880,000, - + +

US $ 120 + +

Deluxe Suite

Rp. 1.300.000, - + +

US $ 150 + +

Salak View

Rp. 1.800.000, - + +

US $ 200 + +

Colonial Heritage Eksekutif


US $ 1.000 + +

Kolonial Super Eksekutif


US $ 1,500 + +

Kolonial Presidential Suite


US $ 2,500 + +

Extra Bed

Rp. 200.000, - + +

US $ 20 + +

Tarif tersebut termasuk sarapan dan termasuk 21% pajak & pelayanan. Harga dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Berlaku pada tahun 2010.

Kami juga menyediakan kamar untuk pengemudi (Driver Kamar).

Hotel Salak The Heritage memiliki 6 Makanan & Minuman Outlet dengan berbagai makanan dan minuman tersedia, suasana nyaman, dan mewah dekorasi dalam suasana formal maupun informal. Outlet ini sangat sempurna untuk menghibur atau makan dengan klien Anda, keluarga, atau teman-teman. Selain menu yang halus Amerika, Eropa, atau masakan Indonesia, masing-masing outlet memiliki pemandangan indah dan kami staf ahli dan profesional selalu siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda.

Hotel Salak The Heritage adalah tempat yang paling ideal untuk akomodasi, rapat, insentif, konvensi dan pameran bagi para pebisnis.

Kami menyediakan 12 ruang pertemuan dengan kapasitas mulai 10-1.500 orang, dan semua ruang pertemuan yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti OHP + Screen, White Board + Marker, Flip Chart, Microphone + Sound System, Notepad + Pen, Podium, Pendaftaran Desk, Flower Arrangement, Meeting Attendant's Name-tag, Mineral Water dan Mints, Meeting Room Attendant, Fire Safety Presentation, dll

Kami menyediakan

1. Half Day Meeting Package - Facilities: (Meeting Room and Meeting Room Amenities, Lunch atau Dinner, 1x Coffe break)

2. One Day Meeting Package - Facilities: (Meeting Room and Meeting Room Amenities, Lunch atau Dinner, 2x Coffe break)

3. Full Day Meeting Package - Facilities: (Meeting Room and Meeting Room Amenities, Lunch & Dinner, 2x Coffe break)

Our Client

Oil & Gas Companies, Embassies, Institusi Pemerintah, Perusahaan Asing, Etc

Layanan

Hotel Salak The Heritage ini juga didukung oleh beberapa layanan seperti:

1. Wedding Organizer

HSTH bekerjasama dengan Bee Wedding & Party Organizer menyediakan pernikahan satu atap, di mana semua kebutuhan pernikahan Anda termasuk pasangan pernikahan sehingga tak perlu khawatir dan dapat berkonsentrasi penuh untuk kegiatan sehari-hari mereka.

2. Outbound Organizer

Penting bagi perusahaan untuk membangun & memelihara kerja sama tim, sehingga perusahaan akan mencapai tujuannya.
Membangun tim kerja yang baik bisa memakan waktu yang lama tetapi program outbound kami dipersiapkan dengan baik untuk memecahkan masalah.
Kami membuat beberapa program yang akan mendukung dan perilaku positif karyawan.
http://www.beeoutbound.com

3. Bogor Hotel Institute

Bogor Hotel Institute: Salah satu Best Hotel Sekolah di Bogor
Bogor Hotel Institut, adalah salah satu sekolah di Bogor hotel yang naik oleh Hotel Salak The Heritage pada tahun 1999 sebagai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan bagi orang Bogor.
Sejak tahun 2004, Bogor Hotel Institute adalah sepenuhnya dikelola oleh Hotel Salak The Heritage dan telah berkomitmen untuk Wisata Indonesia dengan menghasilkan proffesional di Hospitality Industri.
Perhotelan Dunia Industri ini berkembang pesat dan tidak pernah berhenti, dengan demikian memberikan Huge Career Opportunity di Hotel dan Resort global perusahaan, Cruise Ship, Travel Agent, Apartemen.

4. Training & Conference

BTCO, sebagai penyedia pelatihan untuk semua jenis perusahaan terutama untuk Minyak dan Gas Company, selalu mempersiapkan program pelatihan berkualitas tinggi yang dapat tersirat dalam operasional perusahaan.

5. Party Organizer

Kami juga didukung oleh Party Organizer yang menyediakan hiburan bagi tamu kita maupun untuk umum.

Party Organizer yang telah berhasil menyelenggarakan beberapa kegiatan besar seperti:

· konser musik Maliq d'esensial, Rio Febrian, Marcell, Glenn Fredly, Syahrani, Wong Pitoe, Buitenzorg Jazz dengan Idang Rasyidi & Musisi Jazz yang lain, dll

    • Bogor Lelang,
    • Launching produk,
    • Pameran
    • etc

2.3 Analisis SWOT

Dilihat dari latar belakang, sejarah, serta segala fasilitas yang disediakan oleh Hotel Salak The Heritage, kita dapat menganalisis hotel tersebut dengan melihat aspek- aspek seperti Strenght (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), serta Threat (Ancaman).

a. Strenght (Kekuatan)

- Hotel Salak The Heritage mempunyai tempat yang sangat strategis yaitu berada di jantung Kota Bogor, merupakan hotel bintang 4.

- Hotel ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Daerah Jawa Barat yang dalam hal ini bekerja sama dengan PT Anugrah Jaya Agung.

- Memiliki market share yang cukup besar, kemampuan pengembangan sarana dan prasarana yang baik,

- Produktivitas dalam hal tingkat hunian yang tinggi, kemampuan pengembangan sarana dan prasarana yang baik

- Didukung dengan tingkat pendidikan karyawan yang baik, ditambah dengan membuka suatu program pendidikan tersendiri yaitu Bogor Hotel Institute.

- Kemampuan inovasi dan pembaruan yang baik dan program tanggung jawab sosial yang baik.

b. Weakness (Kelemahan)

- Memiliki profitabilitas yang rendah,

- Kemampuan pengelolaan dana tunai rendah dan

- Tingkat turn over karyawan yang tinggi.

c. Opportunity (Peluang)

- Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

- Pembukaan cabang di daerah-daerah lain.

- Sebagai salah satu sarana dalam penyediaan tempat bagi perhelatan atau kunjungan berskala nasional maupun internasional.

- Menjalin kerjasama dengan agen tour and travel.

d. Threats (Ancaman)

- Adanya inflasi yang tinggi,

- Penambahan jumlah pesaing,

- Kebijakan otonomi daerah dan gangguan keamanan.

- Persaingan yang cukup signifikan dalam penentuan tarif atau harga.

- Biaya yang cukup tinggi.



BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN



3.1 Kesimpulan

Dari hasil analisis SWOT yang telah dilakukan maka kita dapat menyimpulkan bahawa Hotel Salak The Heritage memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan selera pasar. Hal ini ditandai dengan dilakukannya beragam inovasi yang dilakukan oleh pihak manajemen serta kerjasama yang baik baik di dalam manajemen maupun di luar manajemen. Pihak hotel juga senantiasa memperhatikan keinginan dari pasar sehingga kepuasan konsumen pun dapat tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan.

3.2 Saran

Adapun saran yang kami berikan, agar Hotel Salak The Heritage dapat terus mempertahankan kualitasnya, mengembangkan peluang yang dimilikinya dan selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, selain itu Hotel Salak juga harus lebih memperhatikan kelemahan dan ancaman yang mereka miliki sehingga kelemahan dan ancaman tersebut dapat dimimalisir sebisa mungkin, terakhir pihak manajemen sebaiknya semaksimal mungkin selalu memikirkan dan menjalankan strategi-strategi dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh hotel.




0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini