RSS

Kamis, 18 Maret 2010

Ngemil yang Sehat




Ngemil merupakan hal yang sering kita lakukan sehari-hari, terutama di waktu senggang. Beragam cemilan (camilan) dijual banyak di pasaran, dari kue-kue, biskuit, keripik, snack-snack ringan seperti chiki, wafer, dan masih banyak lagi. Namun ngemil ternyata membawa dampak buruk bagi tubuh kita. Kandungan zat-zat yang terdapat di dalam camilan-camilan tersebut sebagian besar mengandung kadar gula, garam, dan kalori yang berlebih.
akan tetapi ngemil tidak selalu membawa dampak buruk bagi tubuh kita, ngemil ternyata dibutuhkan oleh manusia tergantung dari jenis camilan yang kita konsumsi. Para ahli gizi mengatakan bahwa ngemil adalah cara penting dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan pola makanan. Mungkin jika kita mendengar kata "ngemil" yang terbayang adalah makanan-makanan yang tadi sudah saya sebutkan, yang sudah jelas membawa efek buruk kepada tubuh kita. Tapi jangan batasi pola pikiran kita, bahwa hanya makanan tadi saja yang dapat menjadi cemilan. Berikut ini saya berikan contoh camilan yang bermanfaat bagi tubuh kita:
1. Buah-buahan Kaya serat seperti apel, pepaya,pir, pisang, jeruk, dan tomat.
2. Kembang kol masak, dan wortel.
3. Sereal dengan susu
4. Susu skim atau susu low fat
5. Kentang panggang maksimal 95 gram
6. Coklat maksimal 20 gram
7. Yoghurt buah
8. Oats
9. Roti gandum
10. Agar-agar dengan kadar gula rendah
Nah, ternyata dengan ngemil kita juga tetap sehat sekaligus menambah asupan gizi bagi tubuh kita. Jadi jangan ragu-ragu untuk ngemil dengan catatan pilihlah camilan yang sehat dan sesuaikan dengan kebutuhan anda, sebab camilan bukanlah pengganti makanan pokok tapi merupakan makanan pelengkap yang dapat memberikan tambahan nutrisi bagi tubuh kita.

1 komentar:

Sisca Ayu mengatakan...

bnr vin tidak slalu ngemil itu buruk jadi kita jg haruz pintar pilih2 makanan yg sehat agar pola mkn kita seimbang dan tidak mengalami obesitas....

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini