RSS

Sabtu, 20 Maret 2010

Strategi Manajemen dalam meningkatkan Penjualan


Ada banyak strategi yang dilakukan oleh pihak manajemen dalam menghasilkan keputusan-keputusan serta dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti selalu mencoba dalam meningkatkan profitnya atau bila kita secara gamblang adalah dengan meningkatkan penjualan produk-produknya baik yang berbentuk barang maupun jasa.
Namun apakah strategi yang dipergunakan setiap perusahaan tersebut sama? Jawabannya tentulah tidak, strategi dalam meningkatkan penjualan terbagi menjadi beberapa hal yang wajib dipertimbangkan oleh pihak manajemen.

Pertimbangan yang perlu diperhatikan adalah :
1. Memperhatikan jenis produk yang di jual apakah berbentuk barang atau jasa. Jika berbentuk
barang juga perlu diperhatikan apakah barang tersebut bersifat tahan lama atau tidak.
2. Melihat kondisi pemasarannya termasuk advertising-nya.
3. Melihat siapa konsumennya, berada di kalangan apa saja. Apakah kalangan atas, menengah,
atau bawah sebab hal ini dapat berpengaruh terhadap penentuan harga nantinya.
4. Melihat daerah distribusinya.
5. Melihat pangsa pasarnya
6. Menentukan harga, dimana harga menjadi sesuatu yang sangat sensitif bagi kosumen dan bagi
perusahaan itu sendiri.
7. Memperhatikan kualitas dan kuantitas dari produk yang dijual.
8. Layanan purna jualnya
9. Kerjasama dengan pihak supplier dan retailer-nya
10. Memperhatikan pesaingnya, tindakan-tindakan apa saja yang telah dilakukan oleh pesaing.

Sebenarnya masih banyak hal-hal yang perlu dipertimbangkan, namun secara garis besarnya ke-sepuluh hal di atas yang secara umum digunakan oleh pihak manajemen dalam usaha meningkatkan penjualan produknya.
Strategi ini sangat penting bagi perusahaan, tanpa dilakukannya strategi-strategi di atas akan sangat sullit bagi perusahaan dalam mendongkrak penjualannya.
keberhasilan perusahaan dalam menjual dan meningkatkan penjualan produknya merupakan hal yang selalu diinginkan oleh perusahaan.
Dapat disimpulkan jika jumlah produk yang dijual meningkat maka profit perusahaan pun semakin besar juga sehingga pemilihan strategi yang tepat merupakan kewajiban bagi setiap perusahaan.

1 komentar:

noor mengatakan...

mmm initnya tau target pasar n penentuan harga . ini saya sedang ingin menaikan penjualan bisnis aqua saya .
terima kasih

Poskan Komentar

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini